IBlog Market

IBX5A43E631671FD

Sunday, 5 October 2014

Pengertian Primitive Type


BAB I
PENDAHULUAN

1.1                                               Latar Belakang

                    Semakin hari bidang pemrograman semakin berkembang,Begitu juga pada pemrograman berorientasi objek.Pada pemrograman berorientasi objek terdapat tiga level tipe data yaitu:

a.       Tipe data primitive (Primitive Type)
b.      Tipe data abstak
c.       Tipe data Collection

            Di bawah ini akan dijelaskan mengenai tipe data primitive yang merupakan awal atau dasar bawaan sebuah bahasa pemrograman.Tipe data primitive yang sebagai dasar pemrograman memiliki nilai yang sederhana.

            Tipe data Primitif mulai dikenal pada bahasa pemrograman prosedural seperti: Pascal, C, atau Basic. Dimana tipe data ini memiliki ukuran memori yang tetap dan pasti

1.2 Rumusan Masalah
·         Apa Pengertian Primitive Type?
·         Bagaimana Macam-macam Primitive Type ?
·         Contoh kasus penggunaan Primitive Type?

1.3 Tujuan Masalah
Sesusai dengan rumusan masalah yang disampaikan diatas ada beberapa tujuan yang ingin dicapai.
·           Mengetahui pengertian Primitive type.
·           Mengetahui macam-macam primitive type..
·           Mengetahui kapan penggunaan primitive type.












BAB II
PEMBAHASAN
1.Pengertian Primitive Type
Primitive Type adalah sebuah tipe data dasar atau bawaan yang telah disediakan oleh bahasa pemrograman sebagai blok bangunan dasar dimana nilai yang mewakilinya bersifat sederhana dan akan digunakan untuk pengolahan yang lebih lanjut.

2.Macam-macam Primitive Type
a.Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan tipe data numerik yang digunakan apabila tidak berurusan dengan pecahan atau bilangan desimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :



Tipe
Deskripsi
Byte
Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati

1 byte ( 8 bits ) di memori
Short
Memiliki  nilai  integer  dari  -32768  sampai  32767  dan

menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
Int
Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647

dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori
Long
Memiliki    nilai    dari    -9223372036854775808    sampai

9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori


Bilangan integer biasanya menggunakan int, dan bukan byte, short maupun long. Bilangan integer juga mengenal nilai positif dan negatif ( signed number ). Tipe data byte dan short hanya digunakan pada aplikasi khusus yang memperhatikan penggunaan memori. Sedangkan long jarang digunakan karena jarang memerlukan bilangan sebesar kapasitas long.

b.  Floating Point ( Bilangan Pecahan )
Floating Point digunakan untuk menangani bilangan desimal atau perhitungan yang lebih detail dibanding integer. Ada dua macam floating point, yaitu :



Tipe
Deskripsi
Float
memiliki nilai -3.4x108 sampai +3.4x108 dan menempati 4

byte di memori
Double
memiliki nilai -1.7x10308 sampai +1.7x10308


Semua  bilangan  pecahan  atau  desimal  dalam  Java  tanpa diakhiri huruf f akan dianggap sebagai double. Sedangkan bilangan yang ingin dikategorikan sebagai float harus diakhiri dengan huruf F. Misalnya : 4.22 F atau 2.314f.
Sedangkan  untuk  bilangan  double,  bisa  menambah  dengan huruf D, karena secara default bilangan dengan koma atau pecahan atau desimal akan dianggap sebagai double.

c.  Char

             Char   adalah   karakter   tunggal   yang   didefinisikan   dengan diawali dan diakhiri dengan tanda ( petik tunggal ). Char berbeda dengan  String,  karena  String  bukan  merupakan  tipe  data  primitif, tetapi sudah merupakan sebuah objek. Tipe char mengikuti aturan unicode, sehingga dapat menggunakan kode /u kemudian diikuti bilangan dari 0 sampai 65535, tetapi yang biasa digunakan adalah bilangan heksadesimal dari 0000 sampai FFFF.
Misalnya : ‘\u123’


Selain karakter biasa, juga terdapat karakter khusus yang didefinisikan dengan cara mengawalinya menggunakan tanda \ seperti pada tabel berikut :


Kode
Nama
Nilai Unicode
\b
Backspace
\u0008
\t
Tab
\u0009
\n
Linefeed
\u000a
\r
Carriage return
\u000d
\*
Double quote
\u0022
\’
Single quote
\u0027
\\
Backslash
\u005c






d.  Boolean

Dalam Java dikenal tipe data boolean yang terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.


Operasional tipe data primitif terbatas pada jenis tipe datanya, sehingga
diperlukan   konversi   atau   Casting   untuk   merubahnya   apabila   dibutuhkan penggabungan operasional pada tipe data.

Base Type
Class

Name
Creation
Access
Byte
Byte
n = new Byte((byte)34);
n.byteValueOf()
Short
Short
n = new Short((short)10);
n.shortValueOf()
Int
Integer
n = new Integer(1045);
n.intValueOf()
Long
Long
n = new Long(10849L);
n.longValueOf()
Float
Float
n = new Float(3.934F);
n.floatValueOf()
double
Double
N = new Double{3.934};
n.doubleValueOf()














BAB III
CONTOH KASUS

1.      class TipeData {

public static void main(String[] args) {

// Tipe data primitif

long    data1 = 546767226531;

                        int data2 = 2235641;
                        short  data3 = 714;
                        byte  data4 = 34;
float   data6 = (float) 1.733;             // tipe data pecahan
double  data5 = 4.967;                    // tipe data pecahan
char    data7 = 'C';
boolean data8 = true;
System.out.println("Nilai Long    : "+ data1); System.out.println("Nilai Int     : "+ data2); System.out.println("Nilai Short   : "+ data3); System.out.println("Nilai Byte    : "+ data4); System.out.println("Nilai Double  : "+ data5); System.out.println("Nilai Float   : "+ data6); System.out.println("Nilai Char    : "+ data7);
System.out.println("Nilai Boolean : "+ data8);

}

}


BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
            Tipe data primitive merupakan tipe data bawaan bagi setiap bahasa pemrograman dan ini merupakan tipe data dasar dari pemrograman. Tipe data ini memiliki beberapa tipe diantaranya Integer,Char,Floaing Point Boolean dll. Dengan adanya tipe data primitive atau tipe data bawaan ini proses pemrograman yang lebih rumit dapat dikerjakan lebih mudah.










0 komentar:

Post a Comment